Penunjuk Arah Mata Angin Bagi Pendaki Gunung

penunjuk arah mata angin disebut juga

Bagi para penjelajah termasuk juga para pendaki gunung tentunya penting untuk mengetahui bagaimana penunjuk arah mata angin. Hal ini sangat dibutuhkan karena dalam perjalanan Anda akan melewati jalur yang terkadang mungkin tidak diketahui arahnya. Banyak juga diantaranya yang kemudian salah arah sehingga tersesat di dalam hutan. Oleh karena itu tentunya dibutuhkan kemampuan untuk mengetahui petunjuk arah bagi para pendaki tersebut.

Sebelum mendaki gunung dilakukan, tentunya ada banyak sekali hal yang harus anda siapkan mulai dari Kompas, pakaian gunung, sandal gunung dan banyak lagi tentunya lainnya. Semua itu harus dicek terlebih dahulu dan disiapkan dengan baik karena akan sangat bermanfaat saat Anda ada di atas gunung.

petunjuk arah mata angin beserta keterangannya

Kompas, Petunjuk Arah Utama Yang Bisa Digunakan

Salah satu petunjuk arah utama yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kompas. Kalau Anda memang mendaki gunung maka persiapan Kompas menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal itu bertujuan agar Kemudian Anda tidak tersesat dan kalaupun tersesat Kemudian Anda bisa menemukan arah kembali yang benar. Dengan demikian nanti anda tidak kesulitan untuk bisa mendaki gunung dan sampai tujuan dengan tepat.

Akan tetapi pada kenyataannya memang tidak semua orang memiliki Kompas atau tidak semua pendaki membawa Kompas saat mendaki gunung. Jika begitu maka tentu dibutuhkan solusi lain yang memungkinkan anda untuk bisa membaca Arah Mata Angin tanpa harus menggunakan kompas.

Saat naik gunung, anda harus bawa kompas sebagai penunjuk arah mata angin. Tapi jika tak bawa, jangan khawatir karena ada cara lain yang bisa digunakan untuk membaca arah

Cara Melihat Penunjuk Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Bagi Anda yang memang tidak memiliki Kompas namun ingin mengetahui tentang penunjuk arah mata angin, tentunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Anda bisa tetap membaca petunjuk arah tanpa harus menggunakan kompas apalagi jika memang ada mendaki gunung tanpa memiliki Kompas tersebut.

penunjuk arah mata angin disebut juga

1) Petunjuk arah dari Pohon

Pertama sebetulnya Anda bisa mengandalkan pohon sebagai salah satu media untuk kemudian dan melihat petunjuk arah. Pohon biasanya dilihat dari condongnya. Biasanya pohon akan condong ke bagian arah timur karena membutuhkan fotosintesis dari munculnya matahari.

2) Petunjuk arah dari bayangan kayu

Bayangan kayu juga bisa jadi salah satu bahan penting yang di bisa digunakan untuk melihat petunjuk arah di mana anda bisa menancapkan kayu tersebut ke dalam tanah lalu ujung bayangannya dilihat selama 10 sampai 15 menit. Lalu kemudian Anda bisa kasih arah dan penjelasan.

Begitulah beberapa hal penting yang bisa dilakukan bagi Anda yang memang mau mendaki gunung tapi tidak membawa kompas. Jangan khawatir karena akan selalu ada solusi untuk mencari tahu informasi penunjuk arah mata angin. Dengan demikian nanti tidak ada kesulitan lagi dan tidak ada ceritanya nyasar.